Ads 468x60px

Hati-hati Adanya Penipuan Pengangkatan Kategori-II Menjadi CPNS dan Laporkan Kepada Instansi yang terkait
.

Kamis, 15 Maret 2012

PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMA

TEORI DAN PRAKTIK PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU SMA
oleh Agus Mulyanto, M.Pd.
(Disampaikan dalam Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas di SMAN Cicalengka Kab. Bandung, 29 November 2011)

A. Pendahuluan
Kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan telah meningkatkan derajat hidup manusia. Dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, kebutuhan hidup manusia yang dulu sulit dipenuhi kini menjadi relatif mudah. Untuk bisa makan daging, orang zaman dahulu harus berburu dulu ke hutan, sekarang daging itu sudah dikemas sedemikian rupa dan siap disajikan. Asal punya uang, daging siap makan itu sudah tersedia di berbagai tempat yang bernama minimarket atau supermarket. Kemudahan itu pun terjadi dalam hal penyiapan pakaian, minuman, dan perlengkapan hidup lain. Dalam soal interaksi, untuk bertegur sapa dengan saudara diluar kota, dulu orang harus berjalan atau berkendara untuk melakukannya. Sekarang, dengan handphone, kita bisa berkomunikasi tanpa beranjak sedikit pun.
Berkah kehadiran ilmu pengetahuan dan teknologi juga memberikan kemudahan dalam dunia pendidikan. Berkat komputer dan internet, pencarian literatur bisa dilakukan dengan kecepatan dan kuantitas yang nyaris tidak terkira. Bayangkan saja, dahulu untuk memperoleh beberapa artikel tentang suatu teori atau topik, kita harus mengunjungi beberapa perpustakaan. Sekarang, dengan bantuan internet dan komputer, ribuan literatur (jika datanya tersedia) dengan begitu cepat dan mudah sudah tersaji pada monitor computer, epad, bahkan smartphone dalam genggaman kita.
Kunci kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tiada lain adalah adanya penelitian. Proses penelitian inilah yeng menciptakan pembaharuan-pembaharuan dalam hidup kita. Termasuk di dalamnya pembaharuan di bidang pendidikan. Kualitas pendidikan dan pembelajaran di sekolah hanya bisa ditingkatkan dengan penelitian. Dengan penelitian, kita bisa tahu bagaimana kondisi kita sekarang kemudian dengan dasar itu kita bisa melakukan tindakan tepat untuk meningkatkan kualitasnya.
Bagi guru yang terjun langsung dalam peningkatan kualitas pembelajaran di dalam kelas, tugas melakukan penelitian sebanarnya merupakan bagian dari tugasnya. Bahkan, pihak yang paling kompeten melakukan tugas penelitian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas adalah guru. Guru adalah orang yang jiwa raganya hidup bersama aktivitas di dalam kelas. Guru adalah orang yang memahami kurikulum, memahami kondisi (modal awal) siswanya, memahami sumber daya yang ada disekolah, dan orang yang paling menguasai bagaimana memaksimalkan semua sumber daya itu untuk mencapai tujuan pembelajaran pada khususnya, dan tujuan pendidikan pada umumnya.


Download Disni

0 comments:

Posting Komentar

Bijaklah ..dalam komentar demi Pembangunan Purwakarta.