Ads 468x60px

Hati-hati Adanya Penipuan Pengangkatan Kategori-II Menjadi CPNS dan Laporkan Kepada Instansi yang terkait
.

Selasa, 20 Maret 2012

PEMBEKALAN KEWIRAUSAHAAN PNS PRA PURNABHAKTI ANGKATAN I TAHUN 2012 PEMERINTAH PROVINSI JAWA BARAT

Penyampaian Materi Oleh Kabid Kesdis (kiri) disaksikan oleh Kepala BKD Prov Jabar (tengah) yang didampingi oleh Kasubag Kesejahteraan Pegawai (kanan).

Bidang Kesejahteraan dan Disiplin Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, pada tanggal 6-8 Maret 2012, bertempat di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor Kabupaten Sumedang, telah melaksanakan pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti Angkatan I Tahun 2012.

Pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti Angkatan I Tahun 2012 diikuti oleh 50 (lima puluh) PNS dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Jawa Barat yang pada tahun 2012 ini akan memasuki masa pensiun atau purnabhakti.

Kepala Bidang Kesejahteraan dan Disiplin Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat, H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, selaku Panitia penyelenggaran menjelaskan bahwa pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti merupakan implementasi dari Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 34 Tahun 2010 tentang Kesejahteraan Pegawai di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Selanjutnya H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM menjelaskan dari 368 (tiga ratus enam puluh delapan) PNSD yang mengajukan permohonan untuk mengikuti pembekalan kewirausahaan, setelah melalui seleksi administrasi dan proposal, maka 220 (dua ratus dua puluh) PNSD dipanggil untuk mengikuti assessment, berdasarkan hasil assessment akhirnya 200 (dua ratus) PNSD dinyatakan lulus untuk mengikuti pembekalan kewirausahaan yang akan terbagi ke dalam 4 (empat) angkatan.

Dalam laporannya, H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, menjelaskan tujuan dari pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti Angkatan I Tahun 2012 adalah :

  1. Memberikan motivasi, pencerahan dan kesiapan mental memasuki masa purnabhakti;
  2. Memberikan bekal kemampuan, sikap dan keterampilan dalam bidang kewirausahaan menuju kemandirian finansial dimasa purnabhakti yang lebih sehat dan produktif;
  3. Berkembangnya bakat dan minat PNSD dalam meraih kemadirian sosial ekonomi dimasa purnabhakti;
  4. Terbentuknya rencana kewirausahaan PNSD untuk mengisi masa purnabhakti.

Selanjutnya H. Ateng Kusnandar Adisaputra, SH., MM, melaporkan materi yang diberikan pada pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti Angkatan I Tahun 2012 adalah :

  1. penguatan mental dan pemotivasian;
  2. manajemen stress;
  3. pengenalan teknik kewirausahaan di bidang pertanian;
  4. pengenalan teknik kewirausahaan di bidang peternakan;
  5. pengenalan teknik kewirausahaan di bidang perikanan;
  6. pengenalan kewirausahaan dalam pengolahan pangan;
  7. pengenalan kewirausahaan dalam bidang jasa;
  8. pengenalan keanggotan Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI);
  9. sumber-sumber permodalan dalam merintis kewirausahaan.

Adapun para Nara Sumber pada pembekalan kewirausahaan bagi PNS Pra purnabhakti Angkatan I Tahun 2012 terdiri dari : Prof. Dr. H. Asep S. Muhtadi, MA (Dosen UIN Sunan Gunungjati), Drs. KH. Zaenal Abidin, M.Ag (Dosen UIN Sunan Gunungjati), Prof. Dr. H. Roni Kastaman, M.S (Dosen Faperta UNPAD), Ir, Betty DS, MS (Dosen Faperta UNPAD), Ir. Marleen, MS (Dosen Faperta UNPAD), Dr. Ir. Iskandar, MS (Dosen Fakultas perikanan UNPAD) Ir. Hermawan, MS (Dosen Fakultas Peternakan UNPAD), Ir. Nia Kurniawati, MS (Dosen Fakultas Perikanan UNPAD), Dr. Ir. Denie Heriyadi, MS (Dosen Fakultas Peternakan UNPAD), Eri Sobari, S.Pt (Dosen Fakultas Peternakan UNPAD), Drs. Djudju, MM (PWRI), dan dari Bank Saudara.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, dalam sambutannya menjelaskan, purna bhkati adalah dimana kita hidup lebih merdeka, dimana lebih bebas menentukan dalam mengisi hidup. Berwirausaha tidaklah berbeda dari aktivitas bekerja seperti biasa. Berwirausaha juga berarti memanpaatkan kemampuan unik kita untuk member arti bagi orang lain dan lingkungannya, sekaligus mendatangkan hasil, berupa materi, penghargaan, kepuasan dan kebahagiaan bagi diri sendiri.

Selanjutnya Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, menjelaskan agar Bapak/Ibu bisa sukses berwirausaha hindari 4 jangan yaitu : jangan merasa tidak pantas karena factor usia, jangan beranggapan bahwa berwirausaha kurang prestise dibandingkan menjadi PNS, jangan takut gagal, jangan lupa tetap tawakal. Selain itu Dr. H. Muhamad Solihin, M.Si, mengharapkan kepada semua peserta pembekalan kewirausahaan untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan bantuan rintisan usaha sebesar Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat dimanpaatkan sebagai modal awal untuk berwirausaha.

1 comments:

Kisah sukses mengatakan...

CERITA KISAH SUKSES SAYA JADI PNS

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan saya seorang guru honorer di Kalimantan , saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar di SD NEGERI 009 di banjarmasin mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR HERMAN M.si No Hp 0853-2174-0123. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wb..

Posting Komentar

Bijaklah ..dalam komentar demi Pembangunan Purwakarta.